LATIHAN METODOLOGI PENELITIAN KAJIAN PEREMPUAN

KEGIATAN 2

LATIHAN METODOLOGI PENELITIAN KAJIAN PEREMPUAN

  1. Latar Belakang

Dosen perempuan Kopertis Wilayah IX Sulawesi, merupakan salah satu sumberdaya yang belum termanfaatkan secara maksimal terutama dalam pelaksanaan Tri Dharma PT yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Dalam hal pelaksanaan dharma pendidikan, tampak bahwa tidak ada perbedaan antara dosen pria dengan perempuan. Namun, di bidang penelitian dan pengabdian masyarakat tampak potensi dosen perempuan kurang termanfaatkan secara maksimal.

Salah satu dharma yang tidak kalah pentingnya diantara dua dharma lainnya adalah dharma penelitian. Untuk dharma penelitian, pihak Dikti telah menyiapkan jenis-jenis pendanaan untuk berbagai jenis penelitian, anara lain penelitian dosen muda, kajian wanita, penelitian dasar, hibah pakerti dan hibah bersaing,

Meskipun pihak dikti telah menyiapkan dana penelitian yang cukup banyak termasuk jenis penelitian kajian wanita, namun kenyataannya jenis penelitian ini kurang diminati oleh dosen-dosen terutama dosen perempuan itu sendir, sehingga dana yang disiapkan oleh Dikti seringkali tidak termanfaatkan secara keseluruhan tiap tahun anggaran.

Di Kopertis Wilayah IX Sulawesi sendiri, dari 30 judul penelitian dosen muda dan kajian wanita yang didanai oleh Dikti, hanya kurang lebih 10 persen saja judul tentang kajian wanita dan gender. Hal tersebut membuktikan bahwa animo dosen perempuan mengkaji tentang masalah-masalah perempuan dan gender sangat rendah.

Salah satu factor penyebab rendahnya minat dan animo dosen perempuan yang ada di lingkup Kopertis Wilayah IX Sulawesi untuk melakukan penelitian kajian wanita dan gender, oleh karena kurangnya informasi dan pemahaman tentang masalah-masalah yang berkaitan dengan perempuan dan gender, serta kurangnya kemampuan untuk melakukan analisis tentang kajian wanita dan gender,.

Berdasarkan kenyataan tersebut, maka diperlukan latihan khusus tentang metodologi penelitian kajian perempuan, sehingga kemampuan yang terpendam bagi setiap dosen perempuan dapat lebih ditingkatkan. Meskipun demikian, tiap tahun Kopertis Wilayah IX Sulawesi mendapatkan dana penyelenggaraan pelatihan Metodologi Penelitian, namun pelatihan tersebut sangat umum, sehingga aspek-aspek yang bersangkutan langsung dengan kajian perempuan kurang mendapatkan perhatian.

UP3K sebagai wadah pengembangan dan pemberdayaan perempuan Kopertis Wilayah IX yang berfungsi sebagai unit pembinaan dosen-dosen perempuan dalam melaksanakan tri dharma termasuk dharma penelitian di lingkup Kopertis Wilayah IX Sulawesi, merasa perlu melaksanaka kegiatan metodologi penelitian kajian perempuan dengan sasaran dosen-dosen perempuan dalam lingkup kopertis Wilayah IX .Sulawesi

B. Tujuan

Adapun tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah sebagai berikut :

a. Meningkatkan kemampuan metodologi penelitian khususnya tentang kajian wanita

b. Membuka dan meningkatkan wawasan dosen-dosen perempuan tentang masalah-masalah yang berkaitan dengan gender yang dapat dijadikan topic penelitian dan menganalis permasalahannya.

c. Meningkatkan jumlah judul penelitian kajian wanita dan gender yang mendapatkan dana penelitian dari Dikti dan lembaga-lembaga lainnya tiap tahun

C. Mekanisme dan Rancangan kegiatan

a. Pelaksanaan dua angkatan

b. Jumlah peserta tiap angkatan sebanyak 50 orang dosen perempuan, 1 orang utusan dari PTS dalam lingkup Kopertis Wilayah IX, dengan tetap mempertimbangan keseimbangan antara PTS dalam Kota Makassar, Luar Kota makassar dalam propinsi Sulawesi Selatan, PTS dari Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara dan Tengah.

c. Pelaksanaan kegiatan selama 3 hari (24 jam pelajaran)

Materi pelatihan meliputi Materi tentang masalah-masalah gender 2 jam, Rumusan masalah penelitian, kerangka Teori, Metode penelitian meliputi populasi dan sample, Teknik Analisis data, Teknik Penyusunan Peroposal anggaran, Teknik Penulisan laporan.

D. Sumberdaya yang dibutuhkan

a. Dibutuhkan dana sebesar Rp. 500.000 tiap peserta (500.000 x 50 x 2 = Rp. 50.000.000)

b. Penatar dan pelatih berasal dari PSW UNHAS, LPPM UNHAS, UPSDM Kopertis Wil. IX Sulawesi, dan UP3K,

E. Jadwal kegiatan

Pelaksanaan kegiatan direncanakan Juli 2008 untuk dua angkatan

F. Inikator Kinerja

Indicator

Kondisi 2007

Akhir Tahun 2008

Jumlah dosen perempuan yang telah mengikuti Latihan Metodologi Penelitian Kajian Perempuan

0

100

G. Keberlanjutan

Untuk mempercepat pencapaian target, bahwa maka UP3K akan melaksanakan pelatihan dengan cara swadana dari Pusat-pusat Kajian perempuan PTS yang berminat meningkatkan kemampuan dosen perempuan dalam melakukan penelitian kajian perempuan

  1. Penanggung jawab Kegiatan

Penanggung jawab kegiatan adalah salah satu bagian dalam lingkup kantor Kopertis Wilayah IX Sulawesi yang ditunjuk oleh Koordinator Kopertis Wilayah IX Sulawesi dan Ketua UP3K Kopertis Wilayah IX Sulawesi

Makassar, 25 September 2007

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: